Kamis, 06 Oktober 2011

Pertemuan123. Materi Pengenalan VB.NET



A. TUJUAN

Memahami platform Microsoft .NET.
Mengenal Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic.NET.
Memahami struktur project Visual Basic .NET.
Memahami jenis-jenis aplikasi .NET.
Mampu membangun Graphical User Interface (GUI) menggunakan Visual Basic .NET.

B. PETUNJUK

Awali setiap aktivitas dengan doa, semoga berkah dan mendapat kemudahan.
Pahami tujuan, dasar teori, dan latihan-latihan praktikum dengan baik.
Kerjakan tugas-tugas praktikum dengan baik, sabar, dan jujur.
Tanyakan kepada asisten/dosen apabila ada hal-hal yang kurang jelas.

C. DASAR TEORI

Platform .NET Framework
Microsoft .NET—yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS)— adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-aplikasi terdistribusi. Microsoft.NET merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antarmuka pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface).

Microsoft .NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi .NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web service. Platform Microsoft .NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun dalam tiga lapisan (layer). Lapisan paling bawah adalah sistem operasi; lapisan kedua terdiri dari tiga komponen; lapisan teratas adalah Visual Studio .NET.



Visual Studio .NET

Microsoft Visual Studio .NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP.NET, XML Web Services, aplikasi dekstop, dan aplikasi mobile. Di dalam Visual Studio inilah bahasa-bahasa pemrograman .NET—seperti Visual Basic, Visual C++, Visual C# (CSharp), dan Visual J# (JSharp)—semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memungkinkan untuk saling berbagi tools dan fasilitas.

Visual Basic .NET

Visual Basic .NET (atau VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi .NET di platform Microsoft .NET. Tidak seperti generasi sebelumnya — Visual Basic versi 6.0 ke bawah—yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi desktop, Visual Basic .NET memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik desktop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic .NET memasuki versi kelima (Visual Basic 2008). Meskipun demikian—karena beberapa alasan—dalam praktikum ini menggunakan Visual Basic .NET 2005 (atau VB.NET 2005 atau VB 2005 atau VB.NET 8)

IDE Visual Basic

IDE (Integrated Development Environment), atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi; lengkap dengan
beragam tools atau utilitas pendukung. Mungkin anda tidak sabar ingin segera melakukan koding (menulis) kode dan melihat hasilnya. Biasanya para pemula maunya begini

Dalam mempelajari bahasa pemrograman semakin banyak tehnik yang anda ketahui berarti semakin cepat dan efisien anda memecahkan masalah-masalah pemrograman.

Trik Belajar Visual Basic?

Programming itu sangat luas sekali. Mungkin anda berpikir mempelajari Visual Basic adalah menghafal semua sintaks-sintaksnya dan mempelajari semua kegunannya lalu mempraktekkannya. Apa yang anda dapatkan jika pemikiran anda seperti ini? Hasilnya adalah bingung.
Saya pernah membeli buku kamus visual basic A-Z lalu saya baca dan saya praktekkan, hasilnya saya jadi bingung juga.
Jadi bagaimana cara mempelajari visual basic dengan benar?
Cara mempelajari visual basic tercepat adalah dengan mencari instruktur atau pengajar yang sudah berpengalaman sebagai praktisi memecahkan masalah-masalah pemrograman di lapangan. Apabila anda kesulitan mencari pengajar anda bisa belajar secara otodidak seperti saya. Belajar secara otodidak sudah tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Caranya beli buku praktekkan. Cara ini kadang agak memusingkan apa lagi kita jumpai kode yang tidak berjalan dengan mulus.
Coba mulai dari masalah yang akan dipecahkan lalu coba selesaikan masalahnya dengan kode-kode visual basic.
Ini adalah cara yang sering saya lakukan.
Dengan cara belajar seperti ini anda akan lebih banyak menghema t waktu. Tidak perlu mempelajari keseluruhan sintaks dan komponen-komponen yang mungkin belum ada gunanya untuk pemecahan masalah anda. Karena pada akhirnya nanti memang yang dibutuhkan adalah bagaimana anda memutar otak untuk memikirkan pemecahan masalah-masalah yang dihadapi.

Sebenarnya keindahan dari pemrograman adalah anda dapat berkreasi sejauh imajinasi yang anda punya. Tidak perlu dibatasi oleh kekakuan yang mungkin tergambar dalam pikiran anda mengenai kegunaan komponen-komponen yang ada dalam tool bahasa pemrograman yang anda pelajari.

Fokuslah pada hasil akhir anda. Maksud saya di sini adalah jika anda berniat membuat program database bisnis coba anda fokuskan saja untuk mempelajari komponen-komponen yang dipakai untuk keperluan pembuatan software database bisnis tersebut.

a.Membuat Project Baru

Project merupakan kerangka dasar aplikasi yang sangat menentukan jenis aplikasi yang akan dibuat. Untuk memulai pembuatan project,
ikuti langkah-langkah berikut :

1. Jalankan Visual Basic 2005 Express Edition.
2. Klik menu File > New Project, atau melalui ikon New Project, atau melalui kombinasi tombol Ctrl+N.
3. Pada kotak dialog New Project, pilih template Windows Application, kemudian klik OK.


Ganti kata WindowsApplication1 dengan kata latvbnet (lihat gambar di bawah ini)

• Windows Application. Untuk menciptakan aplikasi-aplikasi Windows yang berjalan secara lokal di komputer user.
• Class Library. Untuk menciptakan kelas-kelas atau komponen - komponen reusable yang dapat di-share dengan project lainnya.
• Console Application. Untuk membuat aplikasi-aplikasi command-line.
• My Movie Collection Starter Kit. Untuk menciptakan aplikasi pre-built My Movie Collection, dan bisa di-customize sesuai kebutuhan.
• Screen Saver Starter Kit. Untuk menciptakan aplikasi pre-builtScreen Saver, dan bisa di-customize sesuai kebutuhan.


Setelah itu klik tombol OK maka akan muncul IDE (Integrated Development Environment) Visual Basic Net

seperti gambar di bawah ini:


Pengenalan IDE (Integrated Development Environment) Visual Basic Net


1. Form: tempat meletakkan control (tool) mis textbox, label, button dan lain-lain
2. Tool box: merupakan kumpulan control (tool) mis: textbox, label, button.
3. Menu: Menu yang dapat dipilih
4. Toolbar: Toolbar biasanya merupakan tombol singkat dari menu
5. Project Explorer: di jendela ini terdapat komponen-komponen yang menyusun project kita. (Project bisa terdiri dari form,module,class dll.)
6. Properties window: properties window adalah tempat untuk mengatur control (objek).

Pemahaman dasar visual basic bisa dimulai dari pengenalan terhadap:
1. Objek
2. Properties
3. Event
4. Methode


1. Objek
Objek dapat diartikan kepada sebuah benda dalam hal ini anggap saja objek ada lah textbox, label dan comman button.

2. Properties
Properties adalah sesuatu yang dipunyai oleh objek. Mis: textbox mempunyai property nama atau property text

3. Event
Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat tertentu. Misal: Objek command button dapat menerima event klik pada saat pemakai software kita nanti mengklik nya.

4. Method
Method adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek. Misal: Objek combo dapat menambahkan Item nama-nama hari pada dirinya dengan method Add contoh: combobox1.Items.Add (“Senin”)

Coba dengan yang mudah terlebih dahulu. Misal penggunaan textbox, command button dan label. textbox, command button dan label sebenarnya punya banyak sekali metode dan properti. Untuk mempermudah pemahaman, anda juga tidak perlu mempelajari semua metode,event dan properti yang ada itu hanya akan membuat anda bingung.

Coba pelajari event yang penting-penting saja misalnya event keypress dan event click seiring dengan jalannya waktu anda akan terbiasa dengan event-event yang lainnya.

Mempelajari properties.
Untuk tahap awal anda cukup pelajari property name dan value nya saja misalnya untuk textbox anda cukup pakai property name dan text (mis: txtNama.text = “Budi”). txtNama = property name nya. “Budi” = property text nya

Membuat properti

Buka project baru lalu arahkan mouse pada kata Toolbox (lihat gambar di bawah ini) :


klik Kata Common controls pada toolbox. Seharusnya muncul seperti gambar berikut:


Sekarang kita akan meletakkan textbox ke form.
Caranya:
Double klik TextBox pada toolbox maka sebuah textbox muncul di form. Arahkan mouse ke form toobox otomatis menggulung dan layar anda sekarang

seperti di bawah ini:


Arahkan mouse ke propeties windows di kanan bawah.
Atur property name dari textbox1 menjadi txtNama (lihat gambar berikut ini) :


Memberikan propertie ke objek label
caranya:
arahkan mouse ke toolbox, lalu arahkan ke objek label (lihat gambar berikut ini) :


double klik label tersebut lalu arahkan mouse ke form (hasilnya seperti gambar berikut) :


atur properti text label = Nama:

(lihat gambar di bawah ini) :


Coba anda perhatikan dari kedua gambar di atas cursor selalu menunjukkan konteks nya. Maksud saya di sini adalah jika anda mengarahkan mouse click satu kali ke objext textbox otomatis jendela properties di bawah kanan menunjukkan property-property object textboxt tersebut. Demikian juga halnya dengan object label.

Menggunakan kontek ini akan sangat menghemat waktu anda dalam mempelajari visual basic.

seret (drag) textbox (txtNama) ke samping kanan. (lihat gambar di bawah ini) :


Contoh kasus: Misalnya kita akan meletakkan command button ke form dan akan memberikan perintah pada event click nya.
Langkahnya adalah:

1. Meletakkan object command button ke form caranya
Double cllik object command button pada toolbox (lihat gambar)


Arahkan mouse ke form lalu drag (seret) command button ke bawah textbox ( lihat gambar berikut ini) :


2.Waktunya membuat event
Caranya double click pada button1
Setelah anda lakukan double click pada command button anda akan melihat

gambar seperti di bawah ini:


Kita akan mengisi txtNama yang ada di texbox dengan kata “Nama saya vb.net”

Setelah anda lakukan double click pada command button anda dapat memerintah visual basic melakukan apa yang anda mau pada saat command1 di klik oleh pemakai software kita.


Selesai sudah program buatan kita jalankan dengan menekan tombol F5 atau tombol run lihat gambar:


Setelah di klik seharusnya muncul gambar di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar